Setiap memulai tahun pelajaran baru, saya yang biasanya mengajar di kelas X beberapa kali (jika tidak ingin disebut sering) menemui cerita yang sama. Diantaranya adalah siswa yang belum hafal perkalian. Karena untuk mempercepat proses kalkulasi selain paham konsep perkalian, siswa sangat disarankan hafal perkalian. Namun beberapa siswa masih kesulitan dalam hal ini. Selain itu, masalah operasi bilangan negatif positif juga sama. Masih saja mereka kesulitan menyelesaikannya padahal sudah menginjak kelas X di SMA. Bahkan, bila saya mengulang kembali konsep operasi bilangan. Kesalaha tetap terjadi lagi. Seolah pelajaran terdahulu mereka sulit sekali dirubah. Apa yang mereka pahami pada awal mengenal konsep operasi seringkali belum benar. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah miskonsepsi dan atau memang belum paham konsep. Saya sangat tertarik dengan faktor miskonsepsi. Karena hal ini perlu menjadi perhatian guru. Istilah yang kadang diberikan guru akan melek...
Senyum pagi menunaikan cita-cita hari ini. Bersemangat untuk berbagi.
Wah, ini ngena banget bu quote nya. Mesti rajin2 ngerjain soal matem nih, biar terbiasa menyelesaikan masalah yang datang dan bisa menyelesaikan masalah yang rumit.
BalasHapusJangan lupa visit balik bu, hehe.
Tadinya saya pikir gk perlu komen, cuma ah, saya mendingan komen aja bu biar jadi kenang-kenangan, hehe. ^^
Betul, target 400 soal ya. Terimakasih kunjungannya, siap meluncur :)
BalasHapus