Materi trigonometri sangat menarik untuk diajarkan. Salah satunya bentuk pembelajaran yang dapat dilakukan adalah penugasan membuat klinometer. Dengan keterbukaan informasi saat ini, guru dapat dengan mudah memberikan tugas membuat klinometer. Guru cukup memberikan instruksi membuat klinometer dengan sumber informasi dari internet. Guru dapat memberikan beberapa situs yang dapat dirujuk siswa dalam membuat klinometer salah satunya di wikiHow.
Guru dapat membebaskan siswa memilih untuk membuat klinometer dengan jenis tertentu. Biasanya dalam satu kelas, siswa akan membuat klinometer sebanyak tiga jenis.
Beikut ini adalah contoh klinometer yang dibuat oleh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koba.
Model 1
Kelebihan : pengamat dapat melakukan pengukuran seorang diri.
Beikut ini adalah contoh klinometer yang dibuat oleh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koba.
Model 1
Klinometer Model 1 |
Kekurangan: memerlukan penyangga atau tempat meletakkan klinometer saat digunakan
Model 2
Klinometer model 2 ini adalah klinometer yang paling banyak dibuat oleh siswa. Selain karena mudah dibuat, klinometer model ini banyak disebutkan dalam referensi yang didapat siswa saat mencari informasi lewat internet.
Kelebihan : pengamat bebas menentukan jarak pengamat ke objek.
Kekurangan: sudut elevasi yang didapat biasanya bukan sudut istimewa, sehingga siswa memerlukan alat bantu kalkulator untuk menentukan nilai tangen sudut elevasi.
Model 3
Kelebihan : mudah melakukan perhitungan karena tangen sudut elevasi bernilai satu.
Kekurangan: pengamat harus menyesuaikan jarak pengamat ke objek yang diukur agar tali pemberat sejajar dengan sisi segitiga.
Penugasan pembuatan klinometer ini dapat dilakukan selama satu minggu. Kemudian ketika siswa membawa klinometer ke sekolah, guru dapat memeriksa alat tersebut, apakah dapat digunakan atau tidak. Apabila klinometer yang dibuat tidak tepat, siswa diminta memperbaikinya. Setelah memastikan siswa dapat membuat klinometer dengan benar, selanjutnya guru meminta siswa memperagakan cara menggunakan klinometer. Kegiatan dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas.
Model 2
Klinometer Model 2 |
Kelebihan : pengamat bebas menentukan jarak pengamat ke objek.
Kekurangan: sudut elevasi yang didapat biasanya bukan sudut istimewa, sehingga siswa memerlukan alat bantu kalkulator untuk menentukan nilai tangen sudut elevasi.
Model 3
Klinometer Model 3 |
Kelebihan : mudah melakukan perhitungan karena tangen sudut elevasi bernilai satu.
Kekurangan: pengamat harus menyesuaikan jarak pengamat ke objek yang diukur agar tali pemberat sejajar dengan sisi segitiga.
Penugasan pembuatan klinometer ini dapat dilakukan selama satu minggu. Kemudian ketika siswa membawa klinometer ke sekolah, guru dapat memeriksa alat tersebut, apakah dapat digunakan atau tidak. Apabila klinometer yang dibuat tidak tepat, siswa diminta memperbaikinya. Setelah memastikan siswa dapat membuat klinometer dengan benar, selanjutnya guru meminta siswa memperagakan cara menggunakan klinometer. Kegiatan dapat dilakukan di dalam atau di luar kelas.
Karena guru memang belum mengajarkan cara menggunakan, maka guru dapat membimbing siswa mempraktekkan cara menggunakan klinometer. Biasanya siswa memiliki pengetahuan awal tentang bagaimana cara menggunakan klinometer dikarenakan pencarian informasi saat membuat alat klinometer.
Setelah siswa mengetahui cara menggunakan klinometer serta perhitungan tinggi objek. Maka siswa diminta mengukur salah satu objek yang tinggi di ruang publik. Misalnya, tinggi tiang bendera sekolah, tiang pemancar telekomunikasi, tinggi gedung pasar, tinggi lampu jalan dan sebagainya. Sebagai penilaian siswa diminta mengumpulkan laporan kegiatan tersebut yang dituliskan dibuku catatan. Penilaian dilakukan untuk dua jenis penilaian, yaitu nilai keterampilan membuat klinometer serta penilaian laporan pengukuran objek.
Komentar
Posting Komentar