Ternyata kreatifitas siswa itu bisa berkembang dengan sangat baik. Cukup dengan memberikan tugas terbuka. Sebagai lanjutan dari tugas klinometer, saya meminta siswa membuat laporan cara pembuatan klinometer dan cara pengukuran objek di ruang publik dengan menggunakan klinometer. Fotmatnya bagaimana, serta apa saja yang dituliskan pada laporan, saya serahkan kepada siswa untuk menuangkan ide serta pemikirannya.
Sengaja pula saya meminta siswa membuat laporan pada buku catatan. Selain memudahkan saat belajar, juga untuk menghindari plagiarisme serta meminimalkan biaya pembuatan laporan. Hasilnya cukup baik, bahkan pada beberapa siswa sangat baik.
Siswa dengan tipe perfeksionis memilih membuat klinometer dengan proses pembuatan paling memakan waktu dan bahan dibanding bentuk klinometer lainnya. Ada pula siswa yang gemar berselfi ria, menuangkan laporan dengan berbagai pose dirinya saat membuat klinometer dan mengukur objek. Terdapat juga siswa yang gemar membuat kantun, memilih menggambar rangkaian proses pembuatan klinometer dan pengukuran objek. Berikut ini adalah beberapa contoh laporan tersebut.
Laporan Klinometer Format Kantun oleh Maela Suwantitri X IPA1 |
Laporan Klinometer oleh Siti Zubaidah X IPS 2 |
Komentar
Posting Komentar