Langsung ke konten utama

Laporan Proyek Klinometer

Ternyata kreatifitas siswa itu bisa berkembang dengan sangat baik. Cukup dengan memberikan tugas terbuka. Sebagai lanjutan dari tugas klinometer, saya meminta siswa membuat laporan cara pembuatan klinometer dan cara pengukuran objek di ruang publik dengan menggunakan klinometer. Fotmatnya bagaimana, serta apa saja yang dituliskan pada laporan, saya serahkan kepada siswa untuk menuangkan ide serta pemikirannya.

Sengaja pula saya meminta siswa membuat laporan pada buku catatan. Selain memudahkan saat belajar, juga untuk menghindari plagiarisme serta meminimalkan biaya pembuatan laporan. Hasilnya cukup baik, bahkan pada beberapa siswa sangat baik. 

Siswa dengan tipe perfeksionis memilih membuat klinometer dengan proses pembuatan paling memakan waktu dan bahan dibanding bentuk klinometer lainnya. Ada pula siswa yang gemar berselfi ria, menuangkan laporan dengan berbagai pose dirinya saat membuat klinometer dan mengukur objek. Terdapat juga siswa yang gemar membuat kantun, memilih menggambar rangkaian proses pembuatan klinometer dan pengukuran objek. Berikut ini adalah beberapa contoh laporan tersebut.

Laporan Klinometer Format Kantun oleh Maela Suwantitri X IPA1

Laporan Klinometer oleh Sella Violeta X IPA 1
Laporan Klinometer oleh Siti Zubaidah X IPS 2






Komentar

Postingan populer dari blog ini

DENAH RUANG GURU

Sebagai warga di dalam lingkungan sekolah tentu saja pasti terlibat dalam rutinitas pekerjaan sekolah. Saya sebagai seorang guru mulai hari Senin sampai dengan Jum'at   hadir dan beraktivitas di sekolah. Menjadi tokoh pembelajaran di kelas, menyelesaikan tugas-tugas administrasi di ruang guru, kadang kala bercengkraman dengan siswa di koridor kelas ataupun di perpustakaan sekolah.  Namun mengingat padatnya jadwal mengajar, maka waktu saja banyak dibelanjakan di dalam pembelajaran. Sisa waktu, biasanya saya gunakan untuk mengoreksi tugas-tugas siswa, menyelesaikan segala administrasi guru yang sedikit. Maksudnya sedkit-sedikit diminta mengumpulkan berkas :) Nah kegiatan tersebut sering saya habiskan di ruang guru. Ruang guru adalah tempat yang nyaman untuk guru. Sayangnya bagi siswa belum tentu demikian. Siswa terkadang terlihat enggan untuk datang ke ruang guru. Misalnya siswa yang berkepentingan mengumpulkan tugas biasanya hanya menitip kepada  temannya untuk dikumpulkan

Contoh Miskonsepsi

Setiap memulai tahun pelajaran baru, saya yang biasanya mengajar di kelas X beberapa kali (jika tidak ingin disebut sering) menemui cerita yang sama. Diantaranya adalah siswa yang belum hafal perkalian. Karena untuk mempercepat proses kalkulasi selain paham konsep perkalian, siswa sangat disarankan hafal perkalian. Namun beberapa siswa masih kesulitan dalam hal ini. Selain itu, masalah operasi bilangan negatif positif juga sama. Masih saja mereka kesulitan menyelesaikannya padahal sudah menginjak kelas X di SMA. Bahkan, bila saya mengulang kembali konsep operasi bilangan. Kesalaha tetap terjadi lagi. Seolah pelajaran terdahulu mereka sulit sekali dirubah. Apa yang mereka pahami pada awal mengenal konsep operasi seringkali belum benar.  Banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah miskonsepsi dan atau memang belum paham konsep. Saya sangat tertarik dengan faktor miskonsepsi. Karena hal ini perlu menjadi perhatian guru. Istilah yang kadang diberikan guru akan melekat e

Klinometer

Materi trigonometri sangat menarik untuk diajarkan. Salah satunya bentuk pembelajaran yang dapat dilakukan adalah penugasan membuat klinometer. Dengan keterbukaan informasi saat ini, guru dapat dengan mudah memberikan tugas membuat klinometer. Guru cukup memberikan instruksi membuat klinometer dengan sumber informasi dari internet. Guru dapat memberikan beberapa situs yang dapat dirujuk siswa dalam membuat klinometer salah satunya di wikiHow . Guru dapat membebaskan siswa memilih untuk membuat klinometer dengan jenis tertentu. Biasanya dalam satu kelas, siswa akan membuat klinometer sebanyak tiga jenis. Beikut ini adalah contoh klinometer yang dibuat oleh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koba. Model 1 Klinometer Model 1  Kelebihan   : pengamat dapat melakukan pengukuran seorang diri. Kekurangan: memerlukan penyangga atau  tempat meletakkan klinometer saat digunakan Model 2 Klinometer Model 2 Klinometer model 2 ini adalah klinometer yang paling banyak dibuat oleh