Saat ini guru sedang dilanda demam HOTS. Pasalnya sejak tahun 2015, dalam UN pemerintah telah mengeluarkan beberapa soal HOTS. Soal HOTS (Higher Order Thinking Skill) adalah soal yang mengukur kemampuan tingkat tinggi siswa. Soal HOTS tidak sama dengan soal sulit. Soal HOTS bercirikan adanya stimulus atau konteks yang menghubungkan siswa dengan konsep yang sudah dipelajarinya untuk menyelesaikan masalah.
Berikut akan disajikan satu contoh soal HOTS pada pelajaran matematika yang mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa SD.
Soal.
Seekor katak berada di dalam dasar sumur yang kedalamannya 10 meter dari bibir sumur. Untuk dapat keluar dari dasar sumur katak harus melompat naik. Pada siang hari, katak dapat naik 3 meter. Namun karena malam hari dingin sehingga licin, maka katak turun lagi 2 meter. Keesokan harinya katak naik lagi 3 meter, dan malamnya selalu turun lagi 2 meter, demikian seterusnya. Berapa lama atau berapa harikah katak akan sampai keluar dari sumur?
Permasalahan diatas biasanya akan dijawab dengan mudah oleh siswa dengan menggunakan penalaran yang salah. Siswa akan berpikir jika pada siang hari katak naik 3 meter kemudian pada malam hari turun 2 meter, artinya dalam satu hari katak hanya akan naik setinggi 1 meter. Kemudian dua hari menjadi 2 meter dan seterusnya. Sehingga untuk mencapai tinggi sumur yang 10 meter maka katak akan sampai keluar selama 10 hari ke bibir sumur.
Mengapa jawaban cepat siswa itu salah, karena siswa tidak memperhatikan posisi katak saat akan sampai ke bibir sumur. Mari kita perhatikan penalaran berikut.
Dengan asumsi setiap hari katak akan naik 1 meter, maka pada hari keenam katak berada pada ketinggian 6 meter. Pada siang hari ketujuh katak naik hingga mencapai ketinggian 9 meter, dan malam harinya turun 2 meter. Akibatnya tepat selesai hari ketujuh katak telah mencapai ketinggian 7 meter. Jadi pada siang hari kedelapan katak naik kembali setinggi 3 meter, sehingga mencapai ketinggian 10 meter. Meskipun malam hari tiba, katak tidak akan turun lagi karena sumur berada dibibir sumur. Dengan demikian pada hari kedelapan katak sudah keluar dari dalam sumur.
Sumber:
Turmudi. (2009). Taktik dan Strategi Pembelajaran Matematika Referensi untuk Guru SD/MI, Mahasiswa, dan Umum. Jakarta: Leuser Cita Pustaka.
Bgmn konsep matematikax. Mnggunakan patokan rumus apa?
BalasHapus