PENDEKATAN DIFFERENTIATED INSTRUCTION (DI) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIPA-2 DI SMAN 1 KOBA
Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas dengan menerapkan pendekatan Differentiated
Instruction (DI), sebagai salah satu alternatif pendekatan pembelajaran
yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar
matematika siswa pada materi matriks. Subyek dalam penelitian ini adalah
peserta didik kelas XI.MIPA-2 SMAN 1 Koba yang berjumlah 30 siswa. Instrumen
yang digunakan terdiri dari tes hasil belajar, lembar observasi, dan wawancara.
Berdasarkan analisis data dari hasil tes akhir dan temuan-temuan selama
penelitian tindakan ini, dapat disimpulkan bahwa terjadi kenaikan nilai tes
hasil belajar dari siklus 1 senilai 0,67 atau sebesar 28% pada nilai tes hasil
belajar siklus 2. Kemudian rata-rata persentase aktivitas belajar yang semula
hanya sebesar 75,63% pada siklus 1 naik menjadi 95,46% pada siklus 2. Selain
itu, peserta didik merespon positif penerapan DI selama pembelajaran. Hal ini
terungkap saat diadakan wawancara kepada siswa. Siswa merasakan aktivitas
belajar yang menyenangkan dengan pengelompokkan siswa yang berbeda-beda.
Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pendekatan DI dalam pembelajaran
matematika dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa kelas
XI MIPA-2 di SMAN 1 Koba.
Tulisan lengkap dapat diunduh di sini
Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education Volume IV No.6 Tahun 2017 |
Komentar
Posting Komentar