Langsung ke konten utama

Catatan Pertemuan Psikolog dengan Orangtua Siswa SMAN 1 Koba

Tes psikologi bagi anak atau dalam hal ini siswa adalah untuk menempatkan siswa pada tempatnya. Seyogyanya seekor ikan tidak diajari terbang. Begitu juga seekor burung, tak perlu diajari berenang.

Setiap anak adalah juara, setiap anak adalah spesial. Tinggal bagaimana anak dapat menggali potensi dan kecerdasannya. Daya juang lebih penting daripada kecerdasan. Banyak sarjana yang tidak terlalu pintar.

Yang menjadi catatan, anak cerdas cenderung pembosan. Hal ini juga berlaku sebaliknya. Rata-rata pekerja pabrik yang hanya melakukan satu aktivitas sepanjang jam kerja memiliki rata-rata 70 ke bawah, karena mereka cenderung tidak pembosan.

Terkait dalam hal pendidikan anak, orangtua harus memberi kepercayaan kepada sekolah dalam hal mengajar. Sedangkan orangtua bertanggung jawab penuh akan mendidik di rumah. Karakter itu ditularkan dengan ketulusan. Dan yang paling tulus itu adalah orangtua terhadap anaknya.

Jika tidak ada lagi pemuliaan terhadap guru, maka negara akan hancur. Serahkan hal-hal yang orangtua tidak tega lakukan terhadap anaknya kepada sekolah. Dunia ini bertambah keras, namun pendidikan bertambah lembek. Pendidikan di Cina sampai saat ini masih dilakukan dengan keras.

Absennya ayah dari pengasuhan adalah penyebab utama ketidakselarasan perkembangan akil dengan baligh. Seorang anak 7 tahun dapat sudah baligh, namun seorang usia 30 tahun banyak yang belum akil. Mereka masih menumpang hidup dengan orangtua. Kita yang memberi ruang untuk istilah remaja. Padahal usia 17 tahun seorang pemuda sudah dapat menjadi negarawan.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

DENAH RUANG GURU

Sebagai warga di dalam lingkungan sekolah tentu saja pasti terlibat dalam rutinitas pekerjaan sekolah. Saya sebagai seorang guru mulai hari Senin sampai dengan Jum'at   hadir dan beraktivitas di sekolah. Menjadi tokoh pembelajaran di kelas, menyelesaikan tugas-tugas administrasi di ruang guru, kadang kala bercengkraman dengan siswa di koridor kelas ataupun di perpustakaan sekolah.  Namun mengingat padatnya jadwal mengajar, maka waktu saja banyak dibelanjakan di dalam pembelajaran. Sisa waktu, biasanya saya gunakan untuk mengoreksi tugas-tugas siswa, menyelesaikan segala administrasi guru yang sedikit. Maksudnya sedkit-sedikit diminta mengumpulkan berkas :) Nah kegiatan tersebut sering saya habiskan di ruang guru. Ruang guru adalah tempat yang nyaman untuk guru. Sayangnya bagi siswa belum tentu demikian. Siswa terkadang terlihat enggan untuk datang ke ruang guru. Misalnya siswa yang berkepentingan mengumpulkan tugas biasanya hanya menitip kepada  temannya untuk dikumpulkan

Contoh Miskonsepsi

Setiap memulai tahun pelajaran baru, saya yang biasanya mengajar di kelas X beberapa kali (jika tidak ingin disebut sering) menemui cerita yang sama. Diantaranya adalah siswa yang belum hafal perkalian. Karena untuk mempercepat proses kalkulasi selain paham konsep perkalian, siswa sangat disarankan hafal perkalian. Namun beberapa siswa masih kesulitan dalam hal ini. Selain itu, masalah operasi bilangan negatif positif juga sama. Masih saja mereka kesulitan menyelesaikannya padahal sudah menginjak kelas X di SMA. Bahkan, bila saya mengulang kembali konsep operasi bilangan. Kesalaha tetap terjadi lagi. Seolah pelajaran terdahulu mereka sulit sekali dirubah. Apa yang mereka pahami pada awal mengenal konsep operasi seringkali belum benar.  Banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah miskonsepsi dan atau memang belum paham konsep. Saya sangat tertarik dengan faktor miskonsepsi. Karena hal ini perlu menjadi perhatian guru. Istilah yang kadang diberikan guru akan melekat e

Klinometer

Materi trigonometri sangat menarik untuk diajarkan. Salah satunya bentuk pembelajaran yang dapat dilakukan adalah penugasan membuat klinometer. Dengan keterbukaan informasi saat ini, guru dapat dengan mudah memberikan tugas membuat klinometer. Guru cukup memberikan instruksi membuat klinometer dengan sumber informasi dari internet. Guru dapat memberikan beberapa situs yang dapat dirujuk siswa dalam membuat klinometer salah satunya di wikiHow . Guru dapat membebaskan siswa memilih untuk membuat klinometer dengan jenis tertentu. Biasanya dalam satu kelas, siswa akan membuat klinometer sebanyak tiga jenis. Beikut ini adalah contoh klinometer yang dibuat oleh siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 1 Koba. Model 1 Klinometer Model 1  Kelebihan   : pengamat dapat melakukan pengukuran seorang diri. Kekurangan: memerlukan penyangga atau  tempat meletakkan klinometer saat digunakan Model 2 Klinometer Model 2 Klinometer model 2 ini adalah klinometer yang paling banyak dibuat oleh